Memahami Redirect 301 Dengan Kursus SEO Sederhana

Kursus SEO Terbaik – Apakah dalam pikiran Anda pernah terlintas ingin mengganti alamat situs lama ke baru, karena beberapa alasan? Tenang ini bisa Anda kerjakan dengan mudah dan tidak akan membuat Anda kehilangan kridebilitas. Yaitu cukup menggunakan redirect 301 untuk melakukan hal tersebut.

Dalam kursus SEO, Anda akan belajar memahami redirect 301 dengan cara yang sederhana. Ini juga dapat berpengaruh pada SEO yang Anda kembangkan. Jadi perhatikan langkah-langkah yang kami bagikan disini. Sehingga Anda tidak kehilangan pelanggan atau pembaca nantinya.

Apa yang dimaksud dengan Redirect 301?

Sebelum memahami redirect 301, pastikan dengan baik jika Anda mau menyimak sedikit penjelasan redirect berikut yang kami tuliskan disini.

Pengertian tentang redirect

Saat Anda memasukkan alamat situs ke bilah alamat browser Internet Anda, URL terkadang berubah saat Anda memuat halaman di situs tersebut.

Contohnya, Anda mau akses situs A dengan alamat blog.namawebiste.com. Namun, URL kemudian berubah menjadi namawebiste.com/blog. Inilah yang dimaksud dengan redirect.

Itu artinya dalam proses redirect melakukan pengalihan ke situs dari URL tersebut ke alamat lainnya. Redirect juga dibagi menjadi beberapa versi, dan salah satunya adalah redirect 301. Tetapi, apa bedanya dengan redirect biasa?

Pengertian tentang Redirect 301

Intinya redirect 301 adalah pergerakan konstan dari suatu situs atau halaman situs ke alamat lainnya.  Jenis redirect ini sering digunakan untuk beberapa keperluan, termasuk ketika Anda ingin membuat situs baru dan mentransfer konten lama ke situs tersebut.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan transfer konten lama ke yang baru untuk semua pengunjung Anda. Tapi mungkin ada bebarapa diantara kita yang tidak mengetahuinya. Menggunakan redirect 301, akan membuat pengunjung yang mengakses situs lama dapat pergi ke situs baru Anda.

Tidak hanya itu, redirect 301 juga digunakan untuk mengarahkan lalu lintas dari satu posting blog ke posting baru dan mengubah protokol HTTP menjadi HTTPS setelah menginstal sertifikat SSL (SSL certificate).

Redirect 301 tidak hanya memengaruhi akses ke situs. Namun, mesin pencari juga akan mempertimbangkan URL baru Anda sebagai alamat situs benar nantinya. Karena itu, redirect 301 selalu berkaitan dengan SEO.

Keuntungan Redirect 301 pada kemajuan SEO

Kini Anda tahu jika redirect 301 berguna untuk mengarahkan ulang pengunjung dari alamat situs lama ke baru. Namun, apa keuntungannya? Ada tiga alasan kenapa Anda wajib mengarahkan redirect 301. Diantaranya sebagai berikut:

Mempertahankan peringkat website

Ketika Anda perlu melakukan redirect, disini Anda tidak ingin upaya dalam membuat peringkat situs menjadi terbuang. Ini menjadi salah satu keuntungan dari redirect 301 jika Anda terapkan.

Metode redirect ini secara konstan memindahkan situs lama ke alamat baru. Dengan cara ini Anda dapat mempertahankan peringkat situs pastinya. Bahkan, tingkat redirect 301 sangat efektif untuk mencapai 90% hingga 99%.

Pastikan situs Anda masih bisa diakses

Halaman kosong kursus seo terbaik akan memperilahtakan teks “404 error”, ini hanya muncul ketika seseorang mengunjungi situs yang telah dihapus atau berubah.

Hal ini mungkin tidak mempengaruhi peringkat situs, namun pengunjung yang akan kembali berkurang. Terutama jika situs yang sedang Anda kerjakan adalah profil perusahaan maupun toko online. Ini dapat mengurangi kredibilitas situs tersebut.

Agar halaman kesalahanini  tidak muncul dan pengunjung bisa datang ke alamat yang diinginkan, Anda wajib melakukan redirect 301.

Membuat kepercayaan kepada mesin pencari untuk menayangkan URL baru

Inti tujuan dari redirect 301 tidak hanya untuk membuat pengunjung nyaman, namun lebih ditujukan untuk memberi tahu mesin pencari jika situs Anda sudah berhenti menggunakan URL lama. Secara bertahap, mesin pencari akan merubah alamat situs Anda dengan URL baru.

Cara membuat redirect 301

Redirect bermanfaat untuk menjaga reputasi situs Anda, tetapi bagaimana caranya? Gunakan dua metode berikut.

  1. Ubah pengaturan dalam .htaccess

Anda bisa aktifkan redirect 301 dengan mengganti pengaturan file .htaccess. File tersebut bisa Anda cari pada direktori root situs Anda. Namun, file tersebut hanya tersedia jika server hosting web Anda menggunakan Apache.

Untuk Anda yang memakai Nginx atau lainnya, Anda dapat merubah file tersebut dengan aplikasi editor teks, diantaranya ada Notepad dan Atom. Anda bisa simpan dengan menggunakan nama. Htaccess dan letakkan di direktori root.

Selanjutnya Anda bisa buka file itu. Semua disesuaikan dari perubahan yang ingin Anda inginkan dan  wajib memasukkan kode berbeda.

Redirect URL lama ke URL baru

Masukan kode berikut :

RewriteCond% {HTTP_HOST} ^ mysite.com [NC, OR]

RewriteCond% {HTTP_HOST} ^ www.mysite.com [NC]

RewriteRule ^ (. *) $ Https://mysitenew.com/$1 [L, R = 301, NC]

Redirect dengan menghilangkan www

Masukan kode berikut :

RewriteCond% {HTTP_HOST} ^ www.mysite.com [NC]

RewriteRule ^ (. *) $ Http:// mysitenew.com/$1 [L, R = 301, NC]

Redirect mengganti halaman URL

Lantas bagaimana cara mengubah URL halaman? contoh Anda ingin mengubah http://mysite.com/blog.html ke http://mysite.com/blog. Anda hanya perlu memasukkan kode sebagai berikut:

Redirect 301 / blog.html https: //.mysite.com/blog

  1. Dengan Plugin WordPress

Apakah Anda pengguna WordPress? Jika bernar ini lebih mudah untuk mengarahkan redirect 301, yakni dengan menggunakan plugin Redirection.

Plugin tersebut tidak akan menggunakan kode. Anda cukup memasukkan URL baru dan lama, lalu klik tombol tambahkan redirect (Add Redirect).

Namun, perlu Anda ingat jika plugin ini hanya memungkinkan redirect 301 dari halaman situs ke satu domain saja. Tetapi untuk Anda yang ingin memindahkan seluruh URL lama ke baru, Anda harus mengubah pengaturan file .htaccess.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *